Thursday, September 3, 2009

Starbucks's Small Marketing Campaign

Ini adalah salah satu tugas pertama saya di semester 1. Dalam tugas kelompok ini, saya bersama teman-teman saya diharuskan membuat sebuah kampanye marketing sederhana, dimana kami boleh memilih brand apa saja yang kami sukai. Kami pun memilih Starbucks, jujur saja karena saat itu kami berpikir lebih mudah untuk membuat kampanye marketing Starbucks karena data yang kami akan cari tentu tersedia dengan sangat banyak di internet. Kami pun diberikan pertanyaan-pertanyaan yang akan membantu kami untuk membuat kampanye marketing ini.

Dengan pengetahuan dan pengalaman marketing yang masih sangat sedikit, inilah tugas kelompok pertama yang saya dan teman-teman buat:

Questions:
1. Tentukan close competitor dari merek kalian!
2. Jelaskan mengapa merek tersebut menjadi close competitor!
3. Buat secara detail mengenai keunggulan produk dari close competitor!
4. Siapkan sebuah produk baru yang memiliki keunggulan dibanding produk kompetitor!
5. Jelaskan keunggulan produk tersebut dibanding kompetitor!
6. Beri merek pada produk tersebut sehingga mampu menarik konsumen untuk membeli!
7. Siapkan desain packaging yang mampu menarik perhatian konsumen
8. Siapkan desain iklan untuk peluncuran produk!


Answers:
1. Close competitor: The Coffee Bean
2. Mengapa menjadi close competitor:
Skala International seperti Starbucks
Target market yang sama
Rasa kopi yang kurang lebih sama
Pemilihan lokasi yang berdekatan dengan Starbucks
Loyalitas konsumen yang tinggi
Kegiatan marketing yang gencar dilakukan di media televisi (melalui tayangan di Trans TV)
Desain interior ruangan yang mirip
3. Keunggulan produk close competitor:
Rasanya lebih pekat
Suasana ekslusifnya lebih terasa dibandingkan Starbucks
Tempatnya lebih tertutup, sehingga bagi beberapa konsumen lebih cocok untuk bersantai, atau kegiatan bisnis
Memenuhi keinginan konsumen yang mementingkan prestige
4. Produk baru:
Penggabungan dari Belgium dark chocolate dengan strawberry dan whipped cream
5. Keunggulan Produk:
Menciptakan interest pada pecinta dark chocolate
Lebih Sehat, dengan Belgium Dark Chocolate dan Strawberry
6. Merek produk:
Starbucks Dark Miracle
7. Desain produk:

8. Desain iklan:
a. Iklan di koran

b. Iklan berupa x banner di gerai-gerai Starbucks Indonesia

No comments:

Post a Comment