There was an error in this gadget

Monday, October 12, 2009

Internal, Intrapersonal and Interpersonal Communication-Perspective on Psychology and Management



Dalam pembelajaran tentang komunikasi, mempelajari psikologi juga diperlukan untuk dapat lebih mengenal dan mengerti orang lain secara lebih baik, tidak sekedar dengan pemikiran awam. Ilmu psikologi membantu untuk dapat menciptakan suatu pemikiran dan pemahaman baru dalam berhubungan dengan diri sendiri dan orang lain. Karenanya, perlu bagi para mahasiswa untuk mengenal istilah-istilah dalam psikologi dibawah ini: 

Definisi dari:
1. Internal Communication
Dalam Konteks Psikologi
Internal communication dalam konteks psikologi adalah komunikasi dengan diri sendiri yang berfungsi untuk mendapatkan jawaban atas permasalahan yang sedang dipikirkan tersebut.
Dalam Konteks Manajemen
Internal communication dalam konteks manajemen adalah komunikasi yang terjadi dalam sebuah organisasi/perusahaan antar orang-orang/staff-staff dalam perusahaan, mis: antara supervisor dengan bawahan. Komunikasi ini menggunakan berbagai macam media seperti memo, board announcement, dsb.

2. Intrapersonal Communication
Dalam Konteks Psikologi
Intrapersonal communication dalam konteks psikologi adalah bentuk komunikasi yang dilakukan oleh seorang manusia dalam dirinya sendiri. Orang yang melakukan intrapersonal communication menjadi sender dan receiver sekaligus mendapatkan feedback dari dirinya sendiri. Ia yang melakukannya mencari pemahaman akan suatu hal yang dipengaruhi dari nilai-nilai yang ia percayai, agama, emosi, dsb.
Dalam Konteks Manajemen
Intrapersonal communication dalam konteks manajemen adalah komunikasi dengan diri sendiri untuk dapat berpikir mengenai permasalahan yang berhubungan dengan perusahaan, mis: seorang pemimpin perusahaan berpikir sebelum mengambil keputusan, berpikir saat membuat konsep marketing, dsb.

3. Interpersonal Communication
Dalam Konteks Psikologi
Interpersonal communication adalah bentuk komunikasi antara 2 orang yang dilakukan secara face to face . Ciri khas dari komunikasi ini adalah feedback didapatkan secara langsung. Komunikasi interpersonal memiliki fungsi untuk membangun dan mempererat hubungan personal, menyelesaikan permasalahan antara kedua orang yang berkomunikasi, dan memunculkan ide-ide baru dalam hubungan kedua orang yang berkomunikasi tersebut.
Dalam Konteks Manajemen
Interpersonal communication adalah komunikasi antara 2 orang dalam wadah organisasi atau antar organisasi dengan beragam tujuan, mis: menyelesaikan proyek dalam perusahaan, bernegosiasi, dsb.

No comments:

Post a Comment